Hydro Electric Power Plant


sumber : www.xfsdsb.com


PLTA merupakan Pembangkit Listrik favorit saya. Selain ramah lingkungan, PLTA juga sangat menguntungkan karena Harga Pokok Produksi (CGS = Cost of Good Sold) yang sangat murah, biaya pemeliharaanpun sangat rendah.

Pembangunan

Pembangunan pembangkit PLTA biasanya memerlukan investasi yang cukup besar dibandingkan dengan biaya investasi untuk membangun PLTG, PLTD dan PLTU. Namun, setelah unit pembangkit beroperasi, biaya operasional PLTA jauh lebih murah karena hanya menggukan air sebagai penggerak turbin. Sementara pembangkit-pembangkit thermal, meskipun biaya investasinya lebih murah dibandingkan dengan pembangkit hidro (PLTA) namun pada pengoperasiannya masih memasukkan komponen bahan bakar (HSD, batu bara, MFO, dll) yang semakin lama semakin mahal dan ketersediaannya semakin berkurang.

Pengoperasian dan Pemeliharaan
Pengoperasian PLTA relatif lebih sederhana (dibandingkan dengan pembangkit thermal) karena hanya terdiri dari beberapa peralatan utama yaitu : turbin, generator dan alat bantu. Peralatan yang mungkin memerlukan penanganan lebih serius untuk PLTA yang dibangun pada masa sekarang adalah masalah kontrol dan instrumentasinya. Pemeliharaan yang dilakukan di PLTA juga relatif lebih preventif karena sebagian besar peralatan PLTA beroperasi pada temperatur rendah.